Rabu, 17 April 2013

Papsmear 'First Care'

Yuk, Rutin Papsmear Untuk Cegah Kanker Serviks
 
Mendengar kata medis, apalagi bila berkaitan dengan kesehatan dan kedokteran, enggan rasanya, kalau bisa jauh-jauh deh.. tapi sebagai manusia tidak mungkin hidup tanpa sakit, atau pun tanpa musibah, maunya ya gitu.. lus..mulus... and happier.
 
Ini hanya pengalamaku saja, kalau orang lain, i dont know?  Medical check sudah hal yang rutin, sejak dari masa kerja, tunjangan kesehatan dan medical check up setiap tahunnya. Manfaatnya beragam, dari anemia (kurang darah) hingga bronhitis dapat dideteksi dan dilanjutkan sejauh mana tingkat keparahannya.
 
Kembali ke laptop .. first care setelah menikah seperti papsmear dan ECO (USG) untuk payudara sangat penting bagi seorang wanita untuk mendeteksi gejala, seperti kanker servik dan kanker payudara. Perempuan rentan sekali terhadap kedua penyakit ini.

Di Jepang sendiri hanya 22% saja yang mau memeriksakan diri. Hal yang pertama takut hasil yang abnormal, malu tentunya. Melalui iklan bagaimana pentingnya pap smear dan eco, apabila lebih awal terdeteksi, sangat membantu team dokter, juga menolong penderita itu sendiri untuk sembuh.

Di tahun pertama saya papsmear mendapat biaya gratis, program dari pemerintah. Tapi apa bila ditemukan kelainan, kami hanya membayar 30% saja, selebihnya di tanggung pemerintah. Oh ya ansuransi itu wajib di Jepang.
 
Ragu dan bimbang, kalau dokternya cowok, malu dong. Suami berkomentar, saya tidak ada pengalaman tentang hal ini, maaf ndak bisa bantu. Malu tapi harus, jawabnya. Sesampainya di rumah sakit, lumayan juga yang mengantri, terutama usia 40th ke atas, ini wajib.
 
Dag, dig, dug, ah.. mau mundur pulang rasanya. Seorang ibu, dag, dig, dug ya, ucapnya, saya juga, jawabku. Malu pasti dong, apalagi ini rahasianya seorang wanita, ucapnya, tapi percaya deh, dokter ndak lihat koq. Samping kiri seorang nenek pun ikut berkomentar, cuek aja, sudah nenek, silahkan saja, ucapnya lagi. kami pun cair dalam tawa.
 
Apa Pap Smear Itu?
Pap Smear  atau tes Pap merupakan pemeriksaan sitologi untuk melihat sel-sel leher rahim di bawah mikroskop  yang dilakukan oleh dokter ahli Patologi Anatomi. Pemeriksaan ini bermanfaat sebagai tes skrining awal untuk mendeteksi adanya kanker leher rahim.
 
Apa Saja Persiapan yang harus dilakukan sebelum pemeriksaan Pap Smear ?
Persiapan yang harus dilakukan antara lain :
  • Tidak dalam masa menstruasi
  • Pemeriksaan dilakukan 2 minggu setelah menstruasi, bagi perempuan yang sudah menopause dapat melakukan pemeriksaan Pap Smear kapanpun.
  • Tidak melakukan hubungan seksual selama 2-3 hari
  • Tidak menggunakan obat – obatan yang dimasukkan kedalam vagina 2 hari sebelum pemeriksaan.

Selain itu, dengan tes ini juga bisa menemukan adanya infeksi atau sel-sel yang abnormal yang dapat berubah menjadi sel kanker sehingga bisa segera melakukan tindakan pencegahan. Pap smear dianjurkan dilakukan oleh setiap wanita, terutama mereka yang telah berkeluarga dan sudah pernah melahirkan. Jika Anda melakukannya secara rutin, maka Anda telah melakukan tindakan pencegahan kanker leher rahim yang terbaik. 

.. salam pap smear scrining ..

2 komentar:

  1. thank you Nia mengingatkan saya..
    sudah waktunya nih harus cek lagi.
    di rs Mitra international ada klinik wanita yang dokternya juga wanita. Ada paket pengecekan khusus untuk wanita, dari mulai papsmear, cek payudara,dan semua yang berhubungan dengan kesehatan wanita. Karena jam kerja kliniknya pagi s/d jam 14:00, jadi saya ga sempat2 nih kunjung kesana, padahal sudah bolak-balik booking (hihihi..). Ok deh harus disempat2in. Makasih sekali lagi sudah mengingatkan.

    BalasHapus
  2. Sama-sama ibu.

    Tahun ini saya double, karena last year di jkt, kembali japan, lalu pindahan dari rumah dinas ke rumah pribadi. Dua bulan lalu baru check. Sudah ada surat panggilan test lagi deh..hii. But soon lah.. plan bulan Juli nanti, sudah booking juga.

    Ia nanti saya juga harus searching rs atau klinik untuk kelanjutannya di jkt. Sudah di wanti-wanti sama suami, yang dekat rumah tentunya.

    Kendalanya memang waktu ya bu...

    BalasHapus