Rabu, 23 Oktober 2013

Pengurusan Barang Pindahan dari Jepang

Pindah rumah .. pindah negara ... pindahan barang rumah tangga ...

Pengurusan barang pindahan karena kepindahan pemiliknya ke Indonesia.  Atas pemasukan barang-barang pindahan, dalam hal ini saya (sebagai ibu rumah tangga) termasuk kategori yang diberikan PEMBEBASAN BEA MASUK (exemption of import duty).
 
Pembebasan bea masuk diberikan kepada mereka yang bekerja di luar negeri, pelajar atau mahasiswa/wi, pegawai negeri dibuktikan dengan Surat Keterangan dan rincian barang yang telah ditandasahkan oleh perwakilan Republik Indonesia di negara tempat bekerja atau belajar.
 
Atau Warga negara asing yang karena pekerjaannya pindah ke Indonesia bersama keluarganya setelah mendapat izin menetap dari Departemen Tenaga Kerja sekurang-kurangnya 6 (enam) bulan. Dibuktikan dengan Kartu Izin Menetap dan Izin Kerja Tenaga Asing sekurang-kurangnya selama 1 (satu) tahun.
 
Bea masuk ke Indonesia walau kategori barang telah pakai atau barang-barang kebutuhan rumah tangga yang telah dipakai dan setelah dimasukkan ke Indonesia tetap akan dipakai kembali. Pajak pabean atau biaya bea masuk cukup mahal. Untuk hal ini kita harus benar-benar selektif dan memilah barang pindahan yang penting saja.

Syarat Pengesahan Barang Pindahan :

1. Surat Permohonan kepada Kepala Bea dan Cukai di KBRI Tokyo
2. Surat Keterangan Pemilik Barang Pindahan (diisi dengan lengkap).
3. Fotokopi paspor meliputi: Halaman foto, perpanjangan visa terakhir, pelaporan di KBRI Tokyo
4. Fotokopi Alien Registration Card (KTP Jepang).
5. Copy Buku Nikah
6. Dalam hal WNI yang sudah memiliki Permanent Residence di Jepang, maka permohonan
    legalisasi barang pindahannya diberikan untuk satu kali saja yang dibuktikan dengan surat
    keterangan yang bersangkutan, selebihnya diberlakukan ketentuan Barang Impor.
7. Bagi Pelayanan melalui pos harap melampirkan perangko dan amplop balasan yang telah
    tertulis alamat tujuan pengiriman.
Saya menggunakan sistem pelayanan melalui pos ke KBRI Tokyo untuk di cek dan disahkan sebagai pemilik barang pindahan.

Syarat untuk pegawai atau pelajar kurang lebih sama :
  1. Surat permohonan kepada Konsul Konsuler untuk mendapatkan barang pindahan.
  2. Surat Keterangan Pemilik Barang Pindahan
  3. Fotokopi paspor meliputi ; Halaman foto, perpanjangan visa terakhir, pelaporan di KBRI Tokyo atau KJRI Osaka.
  4. Fotokopi Alien Registration Card
  5. Fotokopi surat SK penugasan/belajar/training di Jepang.
  6. Fotokopi surat selesai penugasan/belajar/training di Jepang
  7. Bagi Pelayanan melalui pos harap melampirkan perangko dan amplop balasan yang telah tertulis alamat tujuan pengiriman.
 
 Memoku
 
Pengiriman lewat laut memakan waktu kurang lebih 2 hingga 3 bulan. Mudah-mudahan tidak sulit. Foto terlebih dahulu box-box milik kita sebelum di kirim, agar memudahkan diri kita sendiri saat pengambilan nanti. Atau bisa juga menggunakan jasa PPJK ... Perusahaan Pengurusan Jasa Kepabean.

Pengiriman barang pindahan dapat menggunakan dua alternatif, udara dan laut. Pengambilan barang pindahan lewat laut, di Pabean Tanjung Priok dan Pengambilan barang pindahan lewat udara, di bea cukai bandara Soekarno-Hatta. Atau bisa juga barang bawaan bersama penumpang, bila barang pindahan tidaklah banyak. Saya kurang tahu batas per/kg nya lewat udara.

Berikut sebelum meninggalkan negeri Jepang serta tidak kembali untuk seterusnya:
  1. Lembar form isian atau formulir pendaftaran Lapor Diri Warga Negara RI, dikembalikan ke KBRI Tokyo, baik secara langsung atau melalui telepon ke bidang imigrasi KBRI Tokyo.
  2. Alian Registrasion atau KTP Jepang dikembalikan ke kelurahan dimana kita tinggal.
  3. Bagi warga negara RI yang telah permanent residence di Jepang, maka izin tinggalnya harus dibatalkan terlebih dahulu ke imigrasi dimana kita tingal untuk dimintakan EXIT-PERMIT ONLY.
Ketiga point diatas sangat penting bagi WNI sebelum kembali ke Indonesia.
 
Jakarta kairimasu ...................... Nihon ni Sayonara ........................
 

20 komentar:

  1. rupanya sebentar lagi pulang ya...?

    BalasHapus
  2. InsyaAlloh Ibu.
    lagi pengemasan sebelum di kirim, soalnya nanti pasti di bongkar sama pihak bea cukai Jakarta. dan untuk mengatisipasi kalau-kalau kena pembayaran lagi, walau sudah jelas bebas bea masuk.

    BalasHapus
  3. Assalamualaikum,

    Kebetulan sedang mencari informasi ini. Bu Nia, persyaratan ini dapat dari mana? saya cari di kbri tokyo hanya untuk pelajar/trainee. kebetulan istri saya mau pulang, sementara saya masih harus menyelesaikan studi dulu. apakah kalau ibu rumah tangga harus menyantumkan univ tempat suami studi? atau seperti persyaratan di atas?
    Oia, bu Nia menggunakan jasa pengiriman mana?

    Trims ya.

    BalasHapus
  4. wa'allaikum salam

    Baik pelajar atau ibu rumah tangga, bila tinggal atau masa tugas lebih dari setahun di luar negeri, dapat diberikan pembebasan bea masuk atas barang pindahan.
    Silahkan ikuti syarat diatas, karena saya pun mendapat arahan dari KBRI Tokyo bidang kepabean. bila kurang jelas silahkan hubungi bapak Fadli kepala bidang bea cukai di no. telp 334414201 ext. 416
    Persyaratan dapat di lihat pada website KBRI Tokyo http://kbritokyo.jp
    pilih layanan publik, lalu pelayanan WNI lalu untk WNI umum, berbagai kategori pelayanan, demikian juga untuk pengesahan barang pindahan. dan dapat di download persyaratan tersebut.

    Mas dapat menggunakan EMS japan pos per 30kg 26000 yen lewat udara dan barang dapat lebih cepat sampai.
    Saya menggunakan Japan Packet Post lewat laut, kurang lebih 1~3 bulan tiba di Indonesia, dan pengurusannya lebih rumit di pelabuhan tanjung priok.
    Mas dapat menggunakan jasa PPJK door to door, jadi tidak pakai ribet.

    Baiknya konsultasikan ke KBRI Tokyo, mungkin diperlukan bukti tanda study.

    good luck

    BalasHapus
  5. bu salam kenal,saya waktu dekat mau pindah ke indo,lantas bingung mau pilih agen mana yg baik untuk ngirim barang barang sampai kebali,tahu agen yg bagus nggak bu...?terima kasih

    BalasHapus
  6. Salam kenal kembali mas Dewata
    Mas Dewata pelajar atau pekerja? saat ini stay di Japan?

    Saya menggunakan Japan Post Paket lewat laut kurang lebih 1 bulan 2 minggu. Bila ingin sampai lebih cepat dapat menggunakan EMS lewat udara.
    Biaya dapat di tanyakan langsung ke kantor pos terdekat diwilayah Mas tinggal.

    BalasHapus
  7. Haloo Bu Nia, makasie banget buat info nya...kebetulan saya mau for good July ini. Kalo pake JP Posf lewat laut bs beli asuransi pengiriman ga? Soalnya baca di website mrk utk ke Indo ga ada penawaran.

    Oh ya bu Nia waktu terbang ke Indo beli travel insurance ga? Soalnya saya akan bawa beberapa brg berharga brg saya dan hrs masuk bagasi. Makasie ya Bu...

    BalasHapus
  8. Hi Indie
    Maaf..baru check..masuk di spam soalnya..mudah2an belum terlambat infonya.
    Saya pakai International Japan Parcel Pos (paket) bukan EMS..karena EMS itu lebih mahal Nanti pihak pos akan menanyakan biasanya?
    Barang berharga masuk kabin dalam aja,seperti pc, kamera, atau uang.

    Ma-sama Indie

    BalasHapus
  9. ooo gt...jd kalo Japan parcel post (paket) ga ada asuransi ya? dikirim sampe rumah kan ya? Thanks ya, sorry kalo banyak pertanyaan:)

    BalasHapus
  10. Itu sudah sepaket say..ia barang sampai dirumah. Tapi kemarin ada yg saya ambil sendiri di kantor pos.
    Pihak pos akan memberi informasi, bila ada yang barang yg tidak diantar kerumah. Biaya pengambilan Rp 7000 saja.
    Barang yang diterima dirumah juga dikenakan biaya Rp 7000 per paket atau box yang kita terima.

    Ndak apa say.. kita saling sharing..moga lancar ya urusannya.

    BalasHapus
  11. ooo gt...makasie ya bu Nia..iya belom telat ko...rencana mau kirim2 barang mulai Mei ini...info nya berguna banget lho...skrg aku jg lg mau ngurus surat pindahan ke kedutaan. Kayaknya immigration lg ketat ya, takut kena bea masuk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau ketat sudah pasti..kalau kita mendapat pengesahan dari KBRI sepertinya tidak dikenakan bea masuk.

      Good luck sis..

      Hapus
  12. Tambahan ..silahkan sis lihat pada tulisan saya '' penerimaan barang pindahan dari Japan. Saya sudah uraikan ..tertanggal 11/01/2014

    BalasHapus
  13. ok bu Nia makasie ya...nanti aku liat ya...

    BalasHapus
  14. Assalamualaikum Bu Nia, Saya Ade. Saya tinggal di Hiroshima dengan suami dan anak. Rencana september tahun ini kami kembali ke Indonesia, terhitung setahun kami tinggal di Hiroshima. Kebetulan banyak sekali barang barang yg Saya beli disini, terlebih mainan anak Saya karena disini mainan used murah. Kira2 aman ga ya klo Saya pake JP Post? Atau lebih baik Saya pake jasa cargo misalnya jasa Pa Ruswan? Apakah barang yg Kita kirim misalnya via laut, JP Post akan dibongkar oleh pihak bea cukai sebelum dikirim atau diambil?

    BalasHapus
  15. wa'allaikum salam mba Ade..Semua barang pindahan pasti akan di cek baik melalui udara dan laut. Baiknya barang pecah belah di bungkus rapi. JP Post sangat hati-hati, dan bila sudah mendapat pengesahan dari KBRI, Insya Allah aman.

    Kemungkinan dibongkar oleh bea cukai sudah pasti, tenang aja,bila tidak ada merk mahal.

    Cek dulu yo, sebelum dikirim beratnya, pihak JP post ada kapasitas berat pegiriman.

    Pernah waktu itu saya di sarankan jasa Pak Ruswan, tapi suami memilih Japan Post..kurang lebih 1 bilan sudah saya terima di Indonesia. dan lebih hemat lewat JP Post.

    Good Luck..semoga membantu ya

    BalasHapus
  16. halo mbak Nia. kalo boleh tahu wkt kepulangan mbak itu, mbak kerja di Jepang atau ibu rumah tangga ? apakah mbak tahu pemberlakuan barang pindahan untuk mix couple tapi WNI nya hanya ibu rumah tangga ? apakah barang pindahannya bisa dikeluarkan oleh bea cukai tapi dengan membayar bea masuk atau gimana ? Mohon direspon, terima kasih banyak.

    BalasHapus
  17. mbak Nia, nama saya Noni, yg bertanya diatas.

    BalasHapus
  18. Maaf sekali baru sempat cek blog..saya sebagai ibu rumah tangga.
    Alhamdulillah semua barang kiriman saya aman dan hanya membayar di kantor pos kurang lebih 14ribu rupiah saja.

    Kantor pos Japan dan Indonesia sudah kerja sama..saya kurang tahu bagaimana sistem saat ini. Pengalaman saya sudah terlewat 5th sis

    Mohon maaf bila kurang tepat jawaban saya

    BalasHapus
  19. Mba Nia, saya Alma. Kalo surat keterangan barang pindahan dr KBRI nya ditempel di box paketnya atau diberikan ke pihak jp post nya?

    BalasHapus