Selasa, 20 Januari 2015

Exit Permit Only (EPO)

EPO .. Exit Permit Only .. apa sih itu EPO dan bagaimana cara mendapatkannya? EPO (Exit Permit Only untuk WNA merupakan Izin Meninggalkan Indonesia untuk tidak kembali lagi. atau EPO dapat diterbitkan apabila WNA akan keluar Indonesia dan tidak untuk kembali lagi.

Saya sempat bingung dan bertanya teman, barangkali paham tentang EPO. Karena belum pernah mengurusnya, akhirnya menggunakan jurus ' Bila malu bertanya sesat dijalan'.. bila tidak tahu prosedurnya, baiknya tanyakan.. ini istilah saya. Tidak adanya prosedur, baik biaya dan syarat pengurusan EPO di board imigrasi atau website, ini yang membuat saya sebagai penjamin atau sponsor menggunakan jurus bertanya.

Urusan imigrasi memang dituntut teliti dan paham bila berkaitan dengan suami atau istri WNA, baik UU dan Perda di wilayah tinggal.

Sedikit yang saya tahu , karena suami akan beralih sponsor saya sebagai istri dan akan bekerja diperusahaan sebagai advisor atau tenaga ahli, untuk itu di perlukan Exit Permit Only (EPO).

EPO dapat diurus di kantor imigrasi (kanim) dimana KITAS (Kartu izin Tinggal Terbatas) pemohon diterbitkan. Proses EPO di Kanim Tangerang 3 hari kerja, tetapi saya beruntung proses EPO suami hanya 1 hari saja ... menunggu konfirmasi dari imigrasi via telepon. Pengajuan EPO di ajukan oleh sponsor atau penjamin suami/istri WNA ke Kanim tempat tinggal.
 
Syarat yang harus dipersiapkan :
 
1. Formulir Perubahan Data Orang Asing atau disebut Perdim 27 ambil diloket Kanim Tangerang
2. Copy Kitas 1 lembar dan Asli
3. Copy Paspor (halaman data, Visa, Mer-p), bila paspor telah diperbaharui, bawalah paspor lamanya.
4. Surat Permohonan EPO dari istri / suami sebagai sponsor
5. Copy KTP
6. Copy KK
 
Khusus EPO Yang Bersangkutan wajib meninggalkan Indonesia maksimal 6 hari dari tanggal EPO diterbitkan .. (Kebijakan baru di kanim Tangerang).
 
Pengajuan EPO tidak sulit, mudah dan cepat, hampir sama dengan proses Kitas, tetapi dengan sponsor istri, bila EPO dan Kitas sponsor company lebih banyak dokumen yang dipersiapkan.
 
Biaya .. Free of Charge .. dari yang saya searching .. tapi untuk kali ini saya dikenakan biaya Rp 150,000 .. plus wira-wiri .. semoga bermanfaat.

Setelah EPO .. urusan tidak sampai disini .. next berkecimpung dengan STM dan SKTT baru yang masih belum jelas, harus menggunakan jurus bertanya lagi ke Capil di urus oleh saya atau agen kantor suami???

sabar .. tunggu setelah 3 minggu ya...

berikut contoh surat permohonan EPO..saya share semoga membantu..dan silahkan dikutip.

Tangerang,

Kepada Yth
Kantor Imigrasi
di Tangerang
 
Perihal : Permohonan Exit Permit Only
 
Dengan hormat,
 
Yang bertanda tangan di bawah ini,
 

Nama                                :
Tempat & tanggal lahir     :
Alamat                              :
Pekerjaan                         :
Kewarganegaraan            :
No. KTP                            :
 
Bersama ini mengajukan permohonan Exit Permit Only, untuk suami saya yang tersebut di bawah ini :
 
Nama                              :
Tempat & tanggal lahir   :
No Passport                   :
Kebangsaan                   :
 
Permohonan ini diajukan bahwa suami akan meninggalkan Indonesia untuk kembali ke negaranya.

 Atas perhatian dan bantuan yang diberikan kami ucapkan terima kasih.

 

Hormat kami,
(istri/suami WNI sponsor)

53 komentar:

  1. Mba nia, mau nanya..apabila sdh epo berarti dia harus apply visa lagi yah untuk bekerja diindonesia..

    BalasHapus
  2. Hi..kalau sudah epo dan akan kembali bekerja itu memang harus apply visa yaitu visa kerja..tapi visa kerja itu diberikan apabila ada perjanjian kerja dari perusahaan di Indonesia.
    Apabila tidak untuk bekerja, baiknya apply visa 317 (visa penyatuan keluarga).

    BalasHapus
  3. mba contoh surat untuk pengajuan epo bagaimana ya mba?

    BalasHapus
  4. Hi Siska..silahkan dikutip sudah saya share di halaman atas ini. contoh surat permohonan EPO. semoga membantu ya

    BalasHapus
  5. MAKASI MBak dan sangat membantu ..

    BalasHapus
  6. Pagi Mba,

    jika sudah EPO apakah bisa masuk kembali dengan Visa on arrival? dan keluar dan masuk di hari yang sama? Terima Kasih

    BalasHapus
  7. Malam Riyan

    Kalau sudah EPO bisa masuk kembali dengan Visa on Arrival atau Visa Kunjungan, Visa sosbud atau Visa Keluarga, tetapi kalau di hari yang sama saya kurang tahu, walaupun sudah EPO. Pengalaman suami satu malam stay di Singapore, dan besoknya baru kembali ke JKT.

    Maaf, bila jawabannya kurang membantu.

    BalasHapus
  8. Mbak, mau Tanya..
    bagaimana kalau kasus bos saya yg memegang KITAS..
    Suami sudah EPO, tapi istri & anak2 belum EPO, padahal posisi sudah di Korea & tidak akan kembali lagi ke Indonesia sampai masa KITAS nya habis di bulan Desember 2016. Tks

    BalasHapus
  9. Dengan masa berakhirnya Kitas, biasanya akan gugur jika tidak diperpanjang. tapi baiknya ke kedutaan Indonesia yang ada di Korea untuk mendapatkan pengesahan supaya clear di paspornya.

    BalasHapus
  10. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  11. dear Anonim ( alias tanpa nama?) Maaf sekali..saya salah checking komentar. Maksud mau saya balas..tapi mistake choice..

    Bila sudah tidak bekerja, dapat dibuatkan EPO. Dan Dapat disponsori istri, KITAS atau KITAB untuk suaminya. Silahkan ajukan Visa Keluarga (Visa 317 : Visa Penyatuan Keluarga)ke KBRI terdekat, Singapore atau ke Malaysia agar hemat biaya.

    Good Luck sis, semoga membantu.

    BalasHapus
  12. Salam mba..kalo kelmarin itu saya pemegang kitas tapi pulang terus ke malaysia tanpa epo..adakah saya bisa masuk lagi ke indonesia tapi sebagai status wisata?

    BalasHapus
  13. Salam Fida
    Kitas masih berlaku kah?
    Kalau Kitas masih berlaku biasanya tidak ada masalah. Bila hanya visit, di UU terbaru masa berkunjung bebas visa 15 hari, bila melebihi 15 hari, masuk kembali bisa menggunakan Visa On Arrival.
    Tapi baiknya tanyakan dahulu ke KBRI Indonesia di Malaysia, agar lebih jelas.
    Semoga membantu.. ya Fida.

    BalasHapus
  14. Selamat sore..
    maaf mau tanya,bos sy pemegang kitas,dy sakit jd harus pulang ke korea tp kitasnya berakhir 31 des 2016..
    dan kitasnya hilang,dy blm bisa kembali ke indonesia,kemungkinan kembali bekerja jika sudah sembuh atau bulan januari 2017...
    apakah bisa epo atau bgmn ..minta masukannya dong...pliiis

    BalasHapus
  15. Malam Iis....
    Segera tanyakan ke Imigrasi sesuai wilayah tinggal, sebelum Kitasnya berakhir.
    Maaf saya tidak bisa menjawab secara lengkap, karena ini menyangkut izin tinggalnya si WNA.
    Semoga membantu ya sis

    BalasHapus
  16. Mba nia saya mau tanya. Untuk pengurusan EPO hanya di imigrasi saja atau perlu pengembalian IMTA dan RPTKA ke disnaker?

    BalasHapus
  17. Hi Dewi..maaf baru check.
    Pengurusan EPO di imigrasi saja, tetapi minta bukti IMTA dan RPTKA asli ke Perusahaan dimana suami bekerja. Dan minta Company letter.

    IMTA dan RPTKA yang asli harus dibawa, untuk crosscheck pihak imigrasi, setelah selesai yang asli dikembalikan. Dan kembalikan kembali ke perusahaan.

    Untuk lampiran syarat sudah jelas kan? RPTKA dan IMTA copy sebagai lampiran.

    semoga membantu ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan lihat tulisan saya pada ; EPO untuk TKA (tenaga kerja asing).

      Hapus
  18. Permisi mba, saya awam tentang keimigrasian nih..
    sesuai dengan pengalaman mba,
    pekerja asing bisa alih sponsor menjadi sponsor istri? fleksibel ngga sih (dapat bekerja di lebih dari satu perusahaan) ? kalau sudah mendapat sponsor istri syarat dan prosedur yang harus dilengkapinya apa saja? mohon bantuannya untuk segera dijawab ya mba.. sedang urgent. Terima kasih banyak ^^

    BalasHapus
  19. Hi isna
    Suami dengan sponsor istri dapat bekerja, tetapi tidak boleh lebih dari satu perusahaan saja. Jadi cukup dengan satu perusahaan yang berbadan Hukum.

    Yang perlu diketahui, pihak perusahaan menyetujui bahwa KITAS sponsor istri dan IMTA serta RPTKA pihak perusahaan yang menanggung. Karena terkadang perusahaan kurang paham dalam hal ini. jadi baiknya didiskusikan dengan company dimana suami akan bekerja. Biasanya ada agent diperusahaan yang handle.Coba ditanyakan dahulu.

    Syarat dari istri copy paspor suami berwarna, copy Kitas. Paspor asli suami dan Kitas asli, personal history.

    maaf .. kalau alih sponsor sedikit ribet say. Sebelumnya sponsor siapa izin tinggalnya (Kitas).

    kalau mau alih status dari sponsor, baiknya tanyakan imigrasi dimana Isna dan suami tinggal. Karena izin kewenangan tinggal suami pihak imigrasi yang kontrol.

    semoga membantu ya.

    BalasHapus
  20. mba mau tanya, kalo misal kita urus epo sebelum masa kitas habis dan epo sudah jadi, lalu orang yang bersangkutan harus keluar dulu lalu kalau kembali lagi ke indonesia bisa atau tidak ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. menetap untuk beberapa hair lagi di indonesia itu bisa ga ya?

      Hapus
  21. Hi Rin..maaf baru sempat balas
    Bisa datang lagi tapi dengan Visa On Arrival atau Visa Kunjungan.

    Tapi baiknya dipikirkan dahulu sebelum mengajukan EPO, setelah mendapat EPO ada masa kurang lebih 7 hari sebelum keluar Indonesia. Karena hanya beberapa hari mungkin cukup untuk stay, walau sudah mendapatkan EPO.

    BalasHapus
  22. hai mba mau tanya. suami pwrnah punya kitas dan expiredsejak 2014 dantidak kembali ke indokrn kita skrg tinggal di negara suami .apa kita harus lapor ke imigrasi? saya dengar harus kembalikankitas ke kantor imigrasi, apakah betul?

    BalasHapus
  23. Hi tanpa nama
    Bila sudah meninggalkan Indonesia untuk seterusnya, seharusnya Kitas dikembalikan ke imigrasi sesuai domisili sponsor. karena sebelum meninggalkan Indonesia harus mengajukan EPO terlebih dahulu. Nah apakah EPO suami dilakukan di Bandara?

    Coba diperiksa kembali paspor suami apakah sudah ada stamp keluar Indonesia? atau konfirmasi ke kedutaan apakah bisa lewat KBRI yang sekarang tinggal.
    semoga membantu ya sis.

    BalasHapus
  24. Maaf mau tanya kalau proses EPO itu harus pakai IMTA dan RPTKA yah. Nah kalau IMTAnya sudah habis masa berlakunya gimana mba? Apakah harus diperpanjang atau bisa dipakai yang ada saja karena akan EPO. Dan apakah EPO harus cabut IMTA? Bisa liat contoh company letternya mba?

    BalasHapus
  25. suami masih bekerjakah?
    Kalau sudah tidak bekerja, coba tanyakan ke company dimana suami bekerja sebelumnya. Minta asli IMTA dan RPTKA, kenapa aslinya diperlukan tuk cros-check aja di imigrasi, setelahnya dikembalikan ke kita. Kalau sudah tidak bekerja otomatis tak berlaku dan bisa langsung EPO. IMTA dan RPTKA yang asli biasanya yang pegang company sebelumnya bekerja.

    company letter dari company yang buat mba, isinya menerangkan : bahwa nama si WNA tersebut sudah tidak bekerja di PT....

    Suami bekerja sponsor istri atau company? kalau company biasa di handle sama agen company. tapi bila sponsor istri ikuti seperti cara saya diatas.
    semoga membantu.

    BalasHapus
  26. mba kalo WNA yg datang dengan Visa Sosial Dan Budaya dan akan keluar indonesia untuk membuat VITAS 317 penyatuan keluarga ke KBRI di negara tetangga , apakah masih memerlukan EPO?

    BalasHapus
  27. kalau datang dengan visa sosial dan budaya bisa di konversi ke Kitas tanpa EPO. Baiknya datang langsung saja dengan Visa 317 (Visa Penyatuan Keluarga) bila sudah menikah lebih dari 2tahun.
    Tapi bila istri sudah stay di Indonesia, jadi suami tinggal menuggu di negara mana akan diajukan Visa 317 tersebut. Karena istri sebagai penjamin.

    Kalau pertanyaan anda, yes diperlukan EPO.

    semoga membantu.

    BalasHapus
  28. dear mbak Nia...
    mau tanya nih, gimana kalo orang asing yang bersangkutan kan sudah di Indo selama 5 tahun nih,,, otomatis dia harus exit dulu kan dari Indonesia, tapi harus balik lagi cz kuliahnya belum selesai
    pertanyaannya.. Apa orang tersebut perlu mengajukan EPO atau keluar aja?
    Tks

    BalasHapus
  29. hi Nila
    Selama 5th si WNA izin nya bagaimana? KITAS atau KITAB, atau sebagai pelajar?

    EPO diperlukan bila masa izin tinggalnya akan berakhir.

    Silahkan mengajukan EPO, ini lebih aman.

    Setelah EPO alias keluar Indonesia otomatis juga harus mengajukan Visa kembali ke Indonesia bila akan melanjutkan kuliahnya.

    semoga membantu ya

    BalasHapus
  30. Mbak Nia,sy mau tanya. istri yg sudah mencabut sponsor atas suami wna nya, dan suami sudah keluar dr indonesia/sdh Epo , apakah istri masih bisa mensponsori suaminya jika suami wna ingin masuk dan tinggal di indonesia lg?

    BalasHapus
  31. Selamat siang, saya ingin tanya. Apakah ada contoh surat permohonan Epo untuk TKA yang bekerja ? apa surat permohonan nya sama seperti yang di lampirkan di atas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada mbak silahkan lihat di komentar atas, mbak nia sudah berikan contoh nya, trima kasih

      Hapus
    2. Sama contoh suratnya cinta.. dan sudah di balas oleh adik saya
      semoga membantu

      Hapus
    3. untuk lebih jelasnya silahkan lihat di entri populer EPO untuk TKA syaratnya apa saja..sudah saya jelaskan..bila kurang jelas..kita sama-sama belajar dan koreksi

      Hapus
  32. mab saya mau nanaya, kalo syarat pengajuan EPO di kampus bagaimana ya? KITAS nya sudah tidak dapat diperpanjang lagi. dan ingin kembali ke indo dengan sponsornya adalah suami. mohon bantuannya. trims

    BalasHapus
  33. EPO diajukan bila si WNA akan kembali ke negaranya. Dalam hal ini apakah masih tinggal di negara si WNA? Karena EPO di ajukan oleh sponsor sesuai domisili dan Kanim setempat.

    Bila saat ini si WNA tidak dalam bekerja atau pelajar, sebaiknya ajukan VISA 317 (Visa Penyatuan Keluarga).

    Silahkan ajukan VISA 317 (Visa Penyatuan Keluarga) oleh si suami sebagai sponsor.

    Bila nanti sudah mendapat VISA, dan kembali ke Indonesia bisa langsung di Up-grade ke KITAS.

    semoga membantu

    BalasHapus
  34. mohon izin bertanya, saya awam ttg imigrasi.
    perusahaan tempat sy bekerja sempat memperkerjakan TKA, tapi sudah tidak bekerja lg, dan REP/MERP tidak kembali sudh diurus, bgaimna dgn IMTA perusahaan? apakah harus dikembalikan ke kemnaker?

    BalasHapus
  35. mohon izin bertanya, saya awam ttg imigrasi.
    perusahaan tempat sy bekerja sempat memperkerjakan TKA, tapi sudah tidak bekerja lg, dan REP/MERP tidak kembali sudh diurus, bgaimna dgn IMTA perusahaan? apakah harus dikembalikan ke kemnaker?

    BalasHapus
  36. mohon izin bertanya, saya awam ttg imigrasi.
    kalau tka masa berlaku kitasnya habis di tanggal 30 maret, lalu ybs pergi keluar negeri di tanggal tersebut untuk EPO (cap epo terbit di tanggal 27), apakah aman & tidak menjadi masalah? atau harus sebelum masa habis kitas ybs harus pergi?
    terimakasih..

    BalasHapus
  37. Masa berlaku EPO 7 hari setelah pemberian..
    Proses EPO kadang 3 hari kerja, tergantung kepala Imigrasi menandatangi.. baiknya 1 minggu sebelumnya.

    Apakah TKA tersebut tidak akan kembali lagi ke Indonesia?


    BalasHapus
  38. Salam kenal mbak Nia. Istri saya memiliki kitas dan MERP 1 thn dgn sponsor saya sbg suami WNI. Sekarang dia akan bekerja di perusahaan disini. Bulan depan kebetulan kitas akan berakhir. Perusahaan nya tpt akan bekerja bilang dia harus EPO dan kitas nanti akan jd sponsor perusahaan. Apakah betul itu prosedur nya? Mohon bantuan penjelasan nya ya mbak Nia. Terima kasih sebelumnya .. .

    BalasHapus
  39. Salam kenal mas Tama, sebenarnya ndak perlu diganti menjadi sponsor perusahaan, cukup diperpanjang KItas dan MERP nya. Karena Kitas sponsor Suami atau Istri WNI dapat digunakan untuk bekerja, yang memudahkan kita sebagai sponsor alias sebagai penjamin untuk mencari nafkah. (ini sepengetahuan saya).

    Saran saya mas Tama baiknya konsultasi dengan imigrasi sesuai domisili mas tinggal, karena izin tinggal mutlak wewenang imigrasi.

    Dan bila memang perusahaan yang akan memberi sponsor, juga tak mengapa, mas terima beres, apalagi perusahaan yang berbadan hukum, pastinya memiliki kewenangan untuk menjamin calon staf nya.

    Saran perusahaan benar harus EPO, karena dialihkan menjadi sponsor perusahaan.. silahkan ikuti syarat EPO diatas yang sudah saya tuliskan.

    INGAT ya..
    Setelah EPO harus keluar Indonesia dari batas waktu 7 hari setelah EPO diterima.

    Semoga membantu, sepengetahuan saya dalam hal keimigrasian.

    BalasHapus
  40. Salam kenal sebelumnya Mba Nia. Terimakasih sudah berbagi informasi. Apakah Mba Nia tahu kalau untuk pemegang KITAP yang akan meninggalkan Indonesia dan kembali ke negaranya juga harus mengurus EPO? Suami saya pemegang KITAP yang akan habis berlakunya di tahun 2022 dan MERPnya masih berlaku sampai 2021. Namun kami berencana kembali ke negara asal suami pertengahan tahun depan. Terimakasih. Salam (Rara)

    BalasHapus
  41. Salam kenal kembali Rara.. Maaf baru cek blog, apakah suami akan menetap dinegara asal? dan tidak untuk kembali lagi?

    Bila memang akan menetap dinegara asal, saran saya baiknya konsultasi langsung dengan imigrasi, karena wewenang mutlak pemberian izin tinggal baik KITAS atau KITAB adalah imigrasi.

    dan setahu saya memang harus EPO, karena tanda EPO wajib bila WNA kembali ke negara asal dan tidak untuk kembali lagi ke Indonesia, agar tidak rancu dalam arti tak disalahgunakan baik KITAS atau KITAB.

    Semoga membantu .. dan tetap konsultasi ke imigrasi setempat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, mba. Kami berencana untuk menetap di sini. Sebenarnya masih akan pulang ke Indonesia untuk mengunjungi keluarga saya setiap tahunnya, namun tidak akan lebih dari 1 bulan. Siap Mba Nia. Kami akan konsultasikan dengan pihak imigrasi. Terimakasih banyak untuk informasinya ya.

      Hapus
    2. sama-sama say..good luck n sukses

      Hapus