Kamis, 16 Maret 2017

Perpanjangan KITAS I

Waktu berjalan begitu cepat, dari proses kepindahan tempat tinggal hingga tiba izin keimigrasian suami.  Satu persatu rentetan dokumen serta langkah-langkahnya dengan kesabaran tingkat dewa, dapat diselesaikan, tentunya perlu diapresiasi karena kinerja pemerintahan semakin solid.

Tidak hanya pembelajaran untuk diri saya sendiri, setidaknya jadi mengerti proses by proses, orang-orang instansi yang saya hadapi, Ilmu yang luar biasa dan tentunya menghemat keuangan.

Berikut langkah dan syarat untuk perpanjangan KITAS I (Kitas Pertama).

Siapkan dokumen pendukung alias syaratnya :
  • Copy Paspor dan Asli
  • Copy Kitas dan asli
  • Copy Buku Nikah
  • Copy CNI
  • Copy KK
  • Copy KTP
  • Surat Sponsor (Surat Permohonan) istri / suami WNI
  • Surat Jaminan dengan materai Rp 6000
  • Form Perdim 24, 25 dan 27 (minta di help desk) imigrasi
Persyaratan tersebut masukan dalam map yang sudah ditentukan Kanim (untuk Tangerang warna merah). Berkas permohonan diserahkan ke petugas, ada 3 desk penyerahan dokumen, pilih yang mana aja, jangan lupa ambil nomor antrian (cetak sendiri dalam layar komputer).

Setelah dokumen lengkap tanpa ada kekurangan, petugas memberikan tanda terima, untuk langkah selanjutnya, sidik Jari dan pengambilan foto serta pembayaran (menunggu 3 hari dalam Kanim Tangerang).

Tiga (3) hari kemudian kembali dengan suami ke Kanim, cetak nomor antrian Pembayaran. Setelah pembayaran, sesi wawancara, 5 menit menunggu, kemudian proses sidik jari dan foto.

Tak kurang dari 30 menit, proses pengajuan Kitas Pertama untuk suami clear alias beres. Menunggu pengambilan  KITAS, 3 hari kemudian.


Note :

Perpanjangan KITAS sekarang kita tak perlu ke Kanwil sendiri, karena imigrasi sudah memberikan kemudahan, petugas imigrasi yang bertugas ke Kanwil, kita menunggu 3 hari untuk proses sidik jari dan foto.

Kanim Tangerang sudah menerapkan E-KITAS
KITAS dan Multiple-entry Rp 2,055,000 (satu paket)
Kitas Rp 1,000 000
Multiple-entry Rp 1,000,000 
Sidik Jari dan Foto Rp 55,000

Semua saya ajukan dua minggu sebelum masa Kitas suami habis.

Salam untuk KITAS di Tangan .. Semoga bermanfaat.

38 komentar:

  1. Perpanjang kitas 2 bulan sebelum expired bisa ga ya? Berkas yang pake materai cuma surat jaminan yah?

    BalasHapus
  2. Bisa cinta, saya mengajukan 2 minggu sebelum expired. sebulan sebelumnya juga boleh. yes surat jaminan aja yang menggunakan materai. goodluck

    BalasHapus
  3. Wawancaranya ditanya apa saja Bu? Rencananya saya dari Bandung mau pindah tangerang (kitas sponsor istri), saya harus urus kepindahan WNI dulu ya Bu?
    Klo WNA harus mutasi juga?
    Makasih

    BalasHapus
  4. hi

    singkat koq..memastikan saja WNA ikut istri/suami WNI.
    yes..harus mmeiliki bukti kepindahan antar daerah dan e-ktp baru sesuai domisili tempat tinggal terbaru.

    bila berkas kepindahan WNI lengkap, setelahnya mutasi alamat untuk WNA.
    semoga membantu ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan ikuti postingan saya di mutasi alamat untuk WNA pada paspor

      Hapus
  5. Mba sy baru ngurus extend visa suami di imigrasi Merak Cilegon banten stlh yg pertama selesai..ktnya KItas yg skrg ga berbentuk spt id card tp dikirim ke email dan menggunakan email suami saya stlh di cek sptnya blm masuk. Passport sudah di cap slm satu tahun..
    Pertanyaan sy..bentuk id kitas selanjut nya itu hanya sebuah kertas sajakah ato gimana yah..sy kawatir sekali krb email menurut suami sy yg di kirim imigrasi belum ada..krn keterbatasan suami sy jg sih apa dia ga paham ato gmn. Duh sy pusing bgt ngurus sendiri nih.
    Pertanyaan slanjutnya..stlh extend kitas ditangan harus ngurus surat apalagi yah..
    Makasih byk ya mba..sy ngarep jawaban dr mba nih

    BalasHapus
  6. Hi Re
    Maaf baru cek blog..duh maaf baru tahu kalau Kitas ganti bukan Id card? Baiknya tanyakan imigrasi Cilegon mba untuk kejelasaannya, karena wewenang mutlak oleh imigrasi.

    1.setelah Kitas, perpanjangan STM (Surat Tanda Melapor) Ke kantor polresta.
    2. SKTT (Surat Keterangan Tempat Tinggal) di Dinas Kependudukan ya..
    3. Bila Ketiga sudah lengkap, silahkan dibuatkan SIM mobil atau motor untuk suaminya sesuai masa berlaku Kitas yaitu 1 tahun

    Kalau sudah perpanjangan Kitas ke 1, silahkan ajukan KITAB bila pernikahan Sudah lebih dari 2tahun

    semoga membantu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mba, klu mw perpnjng kitas jd yg psti bwa documen surat apa Aja mba����Krn br pertma kli mw perpnjng kitas suami����Mohon dibantu info’y y mba����Trimaksih

      Hapus
    2. silahkan cek syarat yg saya tulis artikel diatas sis

      Hapus
  7. Halo mba nia SkTT itu harus ya
    Kalo mau perpanjangan KITAS harus dengan SKTT ya

    BalasHapus
  8. SKTT itu harus..urusnya ke Dinas kependudukan
    syarat perpanjangan KITAS..copy paspor..paspor asli..multiple entry..copy ktp istri..surat sponsor..

    SKTT diurus setelah perpanjangan kitas ya..perpanjangan kitas baiknya 2 minggu sebelum masa berlaku habis

    maaf baru sempat balas..semoga membantu

    BalasHapus
  9. Halo, terima kasih artikelnya. Boleh tanya, copy KK nya harus yang sudah ada nama suami di dalamnya, atau KK istri saja? Karena KK saya belum diperbaharui.. terima kasih..

    BalasHapus
  10. Halo Juga..tidak apa-apa kk yang sis punya..kecuali sudah KITAB nama suami masuk di kk.
    semoga membantu

    BalasHapus
  11. Kaka mau tanya apakah untuk buat perpanjangn kitas pertama harus ada bank account kaya waktu bikin vitas? Terimakasih

    BalasHapus
  12. Halo, saya mau tanya. Saya awalnya bikin kitas lewat calo gitu, diurusnya di imigrasi jkt utara. Nah untuk perpanjangannya, apakah harus di imigrasi yg sama atau bisa pindah? Karna rencananya, saya ga mau pake calo lagi karna mahal bgt bayarnya, dan kebetulan ktp saya Cilegon, jadi niatnya pengen perpanjang di Cilegon aja.

    Pertanyaan kedua, CNN itu apa ya? Hehe

    Kalau surat jaminan, itu seperti apa ya?

    Maaf banyak tanya karna saya benar2 buta masalah kaya gini.

    Terima kasih dan saya tunggu informasinya ya :)

    BalasHapus
  13. Mohon Maaf juga late respon
    Ia..perpanjangan sesuai domisili tinggal alias di imigrasi awal. Bila akan perpanjangan KITAS di Cilegon, baiknya sis konsul dengan imigrasi terlebih dahulu, karena wewenang isin tinggal mutlak oleh Imigrasi.

    CNN adalah Certificate of Married, surat keterangan yang diberikan kepada WNA sebelum menikah yang disahkan oleh Penerjemah tersumpah

    Surat Jaminan adalah jaminan yang dibuat oleh istri sebagai sponsor suami yang menerangkan bahwa nama..WNA..KITAS..dan No. Paspor ..isinya..saya sebagai istri sponsor bahwa yang bersangkutan sepenuhnya menjadi tanggungjawab saya selama tinggal di Indonesia..kira-kira seperti itu isinya..dan ini wajib dibuat oleh istri sebagai sponsor.

    Ndak apa sis..sama-sama belajar ya..dan ikuti syarat perpanjangan Kitas diatas..mudah bila paham..hemat biaya pula.

    Tetap konsultasi dengan imigrasi ya..and good luck

    salam

    BalasHapus
  14. Sis,,apakah pernikahannya hrus sudah terdaftar di negera suami WNA untuk perpanjangan KITAS?

    BalasHapus
  15. Apakah pernikahan sis belum di daftarkan dinegara suami?

    Kalau sudah mendapatkan KItas..silahkan ikuti step saya diatas..semoga membantu

    BalasHapus
  16. Mbak sy mau perpanjang kitas suami, sy baca info harus punya sktt, klo sebelumnya gak pnya sewaktu urus baru akan kena denda jutaan. Sy tidak tau sktt itu apa sblmnya krn tidk prnh ada yg minta sewktu urus kitas pertama. Apa benar akan denda jutaan? Lagian ribet amat ya kan sudah ada kitas. Tlg balas ke email ya makasih mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setelah memiliki Kitas untuk WNA, wajib mengurus SKTT ke DISDUKCAPIL.

      Hapus
  17. Perpanjangan kitas bayar brapa ya?? Perlu SKTT kah utk perpanjangan kitas? Kitas yang baru dapat brapa taun ya?

    BalasHapus
  18. Untuk harganya saya kurang cek update terbaru (mohon Maaf)Kitas berlaku 1th atau sesuai pengajuan si sponsor 2th juga ada.

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan baca lengkap astikel saya diatas mba..kalau ada kenaikan harga, baiknya ditanyakan langsung ke Imigrasi.
      Sebelum pengajuan biasanya saya konsultasi dulu keimigrasi, kelengkapan dokumen dan harganya.

      semoga bermanfaat

      Hapus
  19. Kak,untuk perpanjangan KITAS saya juga di suruh apply online ke Persetujuan VIsa Online? betulkah? saya check di web nya, tidak ada pilihan untuk perpanjangan. dan saya harus ambil persetujuan visa tersebut dinegara yang dipilih. Mohon jawabannya ya kak... terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau sudah KITAS, yang saya tahu sebelum masa berlaku habis, walk-in (datang langsung) ke imigrasi dengan membawa syarat seperti yang saya tulis diatas.

      Kalau apply online pembuatan KITAS pertama Ia via online karena harus ada VISA persetujuan, tapi bila sudah mendapat KITAS Pertama dan perpanjangan bisa langsung ke Imigrasi.

      Maaf ..yang menyarankan imigrasi kah?

      Hapus
  20. Hi Mbak Nia, terima kasih atas sharingnya sungguh membantu, bolehkah saya minta arahannya, kitas suami akan habis juni 14 2020, tapi kita baru bisa ke jakarta lagi tgl 2 Juni 2020, konsultasi dengan agen katanya ga bisa diperpanjang kalo uda 2 juni karena kurang dari 1 bulan, saya coba cari di website imigrasi ga ketemu kapan maximal waktu memperpanjang KITAS, mungkin mbak Nia tau tentang hal ini apakah kurang dari 2 minggu masih boleh ... thank you in advance

    BalasHapus
  21. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih Mbak Nia, kalau mentok, sudilah kiranya membalas pertanyaan2 ku lewat WA :)

      Hapus
  22. Mba Nia, mau tanya, jadi untuk perpanjang kitas ga perlu vitas lagi ya? Langsung ke imigrasi utk kitas?

    BalasHapus
  23. Lalu saya selama ini pakai calo. Jadi sekarang ini sudah mau perpanjanh kitas ke 4. Sy baru tau klo menikah 2 tahun langsung bisa kitap. Syarat perpanjang kitas ke 4 sama saja kan ya dgn kitas2 sebelumnya?
    Sy mau coba urus sendiri saja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masih sama say..kalau masih kurang dari 3 bulan masa KITAS habis upgrade aja say ke KITAB..silahkan ikuti syarat diblog saya tentang upgrade KITAS ke KITAB

      Hapus
  24. hallo mbak, mbak kalo mau bikin notif imta, tapi ternyata passport habis nya juli ini gimana ya? tapi sudah ada passport baru sih.. dan untuk contoh surat permohonan notif imta seperti apa ya mbak?
    thankyouuu

    BalasHapus
  25. Hallo Say..mohon maaf telat respon..kalau surat permohonan notif imta saya ndak punya contohnya say.. maafkan

    BalasHapus
  26. Maaf bisa bantu bagaimana cara perpanjang itas online untuk sponsor istri. Thank you

    BalasHapus
  27. Untuk kategori mas.. apply Itas online saya belum pernah coba.
    Thanks

    BalasHapus