Minggu, 18 Desember 2016

KITAS Sponsor Istri dapat Bekerja

Time passes a quickly..sebuah pertanyaan yang lama tak terjawab alias masih ragu dan bimbang serta kesimpangsiuran UU keimigrasian mengenai WNA pemegang KITAS sponsor istri.
 
Beberapa jawaban email dari group KPC Melati sebenarnya sudah dapat menjawab, tetapi beberapa perusahaan yang memperkerjakan WNA mayoritas sponsor by Company. Kategori seperti suami saya mungkin  tak banyak. Dalam arti setelah masa pensiun dan menetap di Indonesia diwajibkan keluar Indonesia dulu alias EPO dan istri sebagai penjamin mengajukan VISA terbaru yaitu Visa Penyatuan Keluarga (Visa 317).
 
Dalam UU terbaru memang dijelaskan kategori WNA sponsor istri dapat bekerja, tetapi bekerja diperusahaan yang berbadan hukum dan free land (seperti bantu istri yang buka toko atau sebagai Pengajar di sekolah).
Setelah suami masuk kembali dengan Visa 317 (Visa Penyatuan Keluarga) dengan sponsor istri yang kemudian di up-grad ke KITAS untuk masa 1 tahun.

Alhamdulillah KITAS sponsor istri, suami dapat bekerja namun dalam lingkup setelah masa pensiun, bukan didatangkan sebagai tenaga ahli dari negara asalnya. Kontrak kerja pun sebagai tenaga lokal bukan sebagai tenaga ahli atau spesialis.

Sahabat, apabila suami atau istri WNA yang memiliki KITAS dengan sponsor istri / suami, apabila bekerja diperusahaan yang berbadan hukum sudah bisa menghidupi keluarganya tanpa perlu mengalihkan KITAS sponsor istri atau suami ke sponsor company.

Namun kendalanya terkadang agen yang mengurus izin tinggal expatriate diperusahaan kurang memahami UU dan terkadang sebaliknya pihak company kurang memahami UU, apalagi dengan UU terbaru dan meminta agen untuk segera mengalihkan sponsor istri ke company. Baiknya diskusikan dengan agen perusahaan tersebut.

Saya mengalami untuk yang kedua kali, pihak agen mengajukan pengalihan KITAS sponsor istri ke KITAS sponsor company sedangkan Izin kerja sudah didapat. Pihak Imigrasi sempat menegur saya, karena tidak dikonsultasikan dahulu dengan imigrasi. Bahwa KITAS terbaru tidak bisa dialihkan secara langsung karena izin kerja sudah didapat.

Catatan penting :

Bila sudah mendapat KITAS dengan sponsor istri, tidak serta merta dialihkan secara langsung ke sponsor baru. Izin tinggal (KITAS) pengajuannya berbeda-beda, ada masa 1th tinggal, ada pula 2th tinggal, sesuai pengajuan masing-masing penjamin (sponsor).

Apabila akan mengalihkan KITAS (izin tinggal) baiknya konsultasikan dengan imigrasi sesuai wilayah tinggal kita, jadi tetap sinkron.
Imigrasi memberikan wewenang izin tinggal sesuai domisili dan untuk kewenangan seperti bekerja keduanya harus tepat atau sesuai prosedur dan UU.

Semoga bermanfaat
 

87 komentar:

  1. Sesuai dengan pepatah ” Pengalaman merupakan guru terbaik dalam hidup ” karena memberikan pelajaran terbaik dalam hidup, menjadikan pribadi yang lebih baik dari sebelumnya.

    Di era globalisasi ini, tidak dipungkiri banyak perusahaan-perusahaan di Indonesia menggunakkan tenaga kerja asing karena banyaknya pemodal asing yang memasuki pasar Indonesia.

    Trustle Consulting adalah jasa pengurusan ijin tinggal dan ijin kerja tenaga kerja asing di Indonesia khususnya wilayah DKI Jakarta.

    Dengan Pengalaman lebih dari 3 tahun Kami siap membantu anda dalam mengurus semua proses perijinan ijin tinggal dan ijin kerja tenaga asing di Indonesia.

    Kami melayani :
    KITAS
    Rekom IMTA ( KEMDIKNAS, MIGAS, Departemen Agama, Departemen Sosial )
    Rekom RPTKA ( KEMDIKNAS, MIGAS, Departemen Agama, Departemen Sosial )
    RPTKA
    IMTA
    TELEX
    MERP
    ERP
    EPO
    SIM TKA
    Visa Kunjungan ( 211 )
    Visa kunjungan beberapa kali perjalanan ( 212 )
    Visa pengikut / keluarga ( 317)
    dll

    Trustle Consulting menangani secara Cepat, Tepat, Cerdas dan Efisien.
    Kepuasan pelanggan menjadi prioritas kami.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbak saya boleh minta no wa nya..tolong dikirim ke email saya yg ini ya ( rayani273@gmail.com). Terimaksih

      Hapus
    2. silahkan cek gmail anda..saya sudah send no.hp saya

      Hapus
    3. Malam Mbak,saya sekarang kondisinya sama sekali sama mbak pe mengalam,udah kommunitasi sama kantor immigrasi tidak dapat solusi,bole minta bantu? email saya miaoquanan1138@gmail.com.makasih banyak!

      Hapus
  2. Jadi... misalnya kitas sponsor istri kalau bekerja di perusahaan, maka kitasnya harus dialihkan jadi kitas sponsor perusahaan, begitu?

    BalasHapus
  3. Tidak perlu di rubah mba, Kitas sponsor istri sudah dapat dipergunakan suami WNA untuk bekerja.

    Saya memberikan keterangan dalam catatan diatas, tulisan diatas cukup jelas saya kira, karena Kitas sponsor istri dapat dipergunakan WNA bekerja yang berbadan hukum.

    BalasHapus
  4. Bisa minta tolong untuk hukum pengaturan nya ada di mana? barusan saya dipersulit sama petugas imigrasi dalam alih status ke kitap, mengatakan bahwa status di kitas tidak boleh sebagai ibu rumah tangga dan bekerja. padahal agen saya bilang boleh.

    BalasHapus
  5. mba..silahkan kunjungi website imigrasi..atau

    http://tangerang.imigrasi.go.id/LayananPublik/detail/61/izin-tinggal-terbatas

    kalau perkawinan campuran sudah lebih dari 2 tahun bisa mengajukan Kitas atau Kitab dan tidak ada masalah untuk status istri bekerja atau ibu rumah tangga.

    BalasHapus
  6. Mba, jd kalau suami wna pemegang kitas sponsor istri diijinkan bekerja di perusahaan dan perlakukan seperti wni biasa? Dan tidak perlu utus IMTA? Kalau bekerja diluar kota apakah harus koordinasi dengan kanim tempat kitas dikeluarkan? Makasih mba

    BalasHapus
  7. sedikit penjelasan mengenai Kitas sponsor istri dapat bekerja buat WNA..maksudnya begini,,diperbolehkan bekerja pada perusahaan yang berbadan hukum, namun IMTA dan RPTKA pihak perusahaan yang mengurusnya, jadi KITAS WNA hanya menjadi tanggung jawab Istri sebagai sponsor yang mengurus. WNA yang bekerja tidak bisa seperti WNI.

    Ini kategori perusahaan yang berbadan hukum, jadi tetap mengurus IMTA dan RPTKA dan pihak perusahaanlah yang mengurus.
    saya sudah tinggalkan no.hp di google plus..add saya di wa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mba boleh bagi no whatsappnya??

      Hapus
    2. silahkan ke 082112490886..maaf late respon sis

      Hapus
  8. Kanim atau imigrasi wewenang mutlak tuk izin tinggal nya saja. silahkan diskusikan dengan pihak perusahaan, bila bekerja pada perusahaan yang berbadan hukum.

    BalasHapus
  9. Mau tanya, misalnya saya dipindah kerja ke tempat lain namun saya jg masih punya rumah diJakarta, apakah suami harus bekerja didaerah yang sama dgn saya (usaha bersama) atau tdk masalah masih melakukannya di Jakarta??

    BalasHapus
  10. Mohon Maaf bila jawabannya kurang tepat, karena saya belum pernah seperti kategori anda.

    BalasHapus
  11. Mba. . Mw tnya... Niat saya mw pulang dan tinggal Di indo brsma suami WNA.. Dan suami sya krja dluar indonesia..hnya saja tiap libur krja dy bkal k indo.. Mnurut mba thap apa yg hrs sya lkukan.. Apa lgsg apply kitas atau gmn.. Maaf byk prtnyaan.. :) salam knal

    BalasHapus
  12. Salam Kenal cinta
    Maaf baru cek blog..lagi kurang sehat beberapa hari ini.

    Sebaiknya ajukan Visa 317 (visa penyatuan Keluarga), tapi sebelum si WNA ke Indonesia syarat pengajuannya. Tidak bisa bersamaan dengan mba datang ke Indonesia.

    Ajukan sesuai domisili mba tinggal sesuai E-KTP. Telek visa bisa diambil sesuai negara suami jadi lebih mudah.

    Kalau Visa 317 sudah di dapat bisa langsung di upgrade ke KITAS..KITAS 1th atau 2th. Nah..apabila akan perpanjangan, baiknya 3 bulan atau 2 bulan sebelumnya.

    semoga membantu

    BalasHapus
  13. Assalamualaikum Wr. Wb.
    Mba nia minta no. Hp dong... mau nanya2 soal kitas sponsor istri untuk suami bkerja. trima kasih
    emailkn d sni ya mba peaceandlove9229@gmail.com
    trima kasih mba nia

    BalasHapus
  14. Mbk..mo tnya,seputar istri sbg sponsor suami wna.. Boleh kirim no wa ke emai ku ya. lisainawati2@gmail.com trmaksih mbk nia

    BalasHapus
  15. hi Lisa..saya sudah send ke email..silahkan add ke wa

    BalasHapus
  16. Halo mba nia. Minta no wa jg donk. Saya mau tanya2 tentang izin kerja jg. Makasih. mslalidih@gmail.com

    BalasHapus
  17. hallo juga
    silahkan di cek gmail nya, saya sudah kirim ke email

    BalasHapus
  18. mohon informasinya , apakah pemegang kitap sponsor ibu
    usia 37 tahun
    diwajibkan untuk bekerja >???

    BalasHapus
  19. Bekerja untuk menafkahi keluarga, bila finansial anda dirasa cukup. Mau bekerja atau tidak, itu adalah keputusan keluarga.
    Dalam artikel diatas, bahwa baik pemegang KITAS atau KITAB, bila sponsor WNI, bisa untuk bekerja dalam perusahaan yang berbadan hukum.

    Melihat usia 37, saya kira masih produksi untuk bekerja, silahkan. Tapi bila tidak pun, bekerja atau tidaknya, adalah keputusan keluarga, seperti yg saya jelaskan diatas.

    semoga dimengerti

    BalasHapus
  20. Mbak saya boleh mnta wa nya..tlong dikrm ke email saya yg ini ya . Terimaksih

    BalasHapus
  21. minggu lalu sudah saya tinggal no. hp saya disini..tapi tak ada respon. untuk keamanan saya delete minggu ini. adakah email yg bisa saya konfirmasi.

    terima kasih sudah berkunjung

    BalasHapus
    Balasan
    1. mbk nia boleh berbagi nomer wa tolong hantarkan di alamat email sya ,sya ingin bertanya seputar sponsore suami 😇

      Hapus
    2. yulis.punongbayan88@gmail.com

      Hapus
    3. saya sudah send to gmail ..silahkan di cek


      Hapus
    4. mba boleh saya minta no hp mba ada yang mau saya tanyakan mengenai kitas dan suami yng kerja di Indonesia ini alamt email saya
      nisah.nsoc.ta@gmail.com

      Hapus
    5. hi Nisah..silahkan cek gmail nya..

      Hapus
  22. mohon informasinya.. berapa lama sebenarnya proses penyelesaian kitas utk WNA ? karna suami saya sudah mengirimkan surat permohonannya sekitar tgl 10 september 2018 via post JNE atas persetujuan imigrasi wilayah manado.

    BalasHapus
    Balasan
    1. mohon maaf..anda tinggal di wilayah mana? KITAS di ajukan sesuai domisili tinggal sponsor. proses melalui post saya kurang tahu.

      Bila persyaratan lengkap akan segera di konfirmasi kepada sponsor. Dan penandatangan KITAS biasanya tergantung kepala imigrasi.

      saran saya baiknya ke kanim setempat ditanyakan langsung

      Hapus
  23. Halo mba suami saya wna pemegang kitas,ingin bekerja tpi kata kanim disini dia tidak bisa bekerja.apakah suami harus mengurus visa kerja?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hello juga
      alasan tidak diperkenankan bekerja oleh kanim kenapa mba? apakah suami dari negara calling visa? maaf saya bertanya.

      Visa Kerja diberikan apabila sponsor perusahaan, bila sponsor istri pihak PT yang akan mengurus izin kerjanya yaitu IMTA dan RPTKA, nah syarat tersebut mutlak untuk WNA yang mau bekerja. dan biasanya disepakati oleh kedua belah-pihak, baik pihak PT dan sponsor.

      Karena WNA sponsor istri dapat bekerja tetap menggunakan IMTA dan RPTKA dan pihak perusahaan yang menanggung. demikian pemahaman WNA dapat bekerja di perusahaan yang berbadan hukum.

      Bila free land atau sekedar membantu istri yang tak bergaji, itu tanpa IMTA dan RPTKA

      semoga membantu

      Hapus
    2. Mba Nia, salam kenal. Suami saya sudah ada Kitas sponsor istri 1 tahun, berarti kalau dia melamar kerja di tempat yg berbadan hukum Kitas tidak perlu diubah ya? Bila dia melamar kerja di tempat berbadan hukum, maka perusahaan tersebut yg akan membuatkan IMTA dan RPTKAnya ya? Boleh minta nomornya juga Mba? Thank you!

      Hapus
    3. Salam kenal kembali..
      Yup benar sekali, tapi hati-hati ya jangan asal menandatangani, baca sebaik mungkin.

      Hapus
  24. Salam kenal mbak nia. Bisa kirim wa nya ke friskautami30@gmail.com
    Makasih mbak

    BalasHapus
  25. salam kenal kembali ..silahkan cek gmail nya, no.hp saya silahkan add

    BalasHapus
  26. Hallo Mbak Nia, salam kenal. Boleh share no hp nya yg bisa WA ya.. ini alamat email sy : noveanovi@gmail.com

    BalasHapus
  27. hallo juga..salam kenal kembali..maaf baru cek blog..silahkan cek gmail anda

    BalasHapus
  28. selamat siang mbah nia.
    Salam kenal.
    boleh email no wa ke email uthia111@gmail.com
    Terima kasih

    BalasHapus
  29. salam kenal sis..silahkan cek gmail yo..

    BalasHapus
  30. selamat malam mbak Nia, mohon share no. wa ke email saya adinda.paramita@gmail.com ya mbak. terimakasih banyak

    BalasHapus
  31. malam cantik..maaf sekali baru cek blog..silahkan cek gmail yo

    BalasHapus
  32. selamat siang, mba ... boleh share no wa ke kezmeils@gmail.com ya. terima kasih banyak.

    BalasHapus
  33. pagi mba Mei..silahkan cek gmailnya ya

    BalasHapus
  34. Kak boleh minta WA nya ?
    Mau tanya-tanya lebih jelas kak
    Tolong share ke :
    Nandazainab11@gmail.com
    Terimakasih 😘

    BalasHapus
  35. Mba nia boleh minta wa nya
    Share ke rayayogesh19@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf baru bisa balas..silahkan cek gmailnya

      Hapus
  36. Mbk, tolong minta no hp mbk ya. Sy mau tanya ttg kitas. Tlng krm ke email sy ya chichanainggolan@gmail.com

    BalasHapus
  37. Mlm mbk, tlng minta no hp dan wa mbk. Krm ke chichanainggolan@gmail.com.
    Tksh mbk

    BalasHapus
  38. malam say..duh mohon maaf baru cek blog..silahkan cek gmailnya ya

    BalasHapus
  39. pagi mba nia...boleh bagi nomer wa nya mba...ke acc.tgpsmg@gmail.com
    makasih

    BalasHapus
  40. Pagi mba atau mas..maaf telat respon
    silahkan cek gmail nya..

    BalasHapus
  41. Halo mba salam kenal. Saya baru mengurus visa sponsor istri buat suami. Boleh minta no wa nya mba??

    BalasHapus
  42. Halo juga..maaf baru cek blog lagi.. silahkan add no. hp saya..082112490886

    BalasHapus
  43. tolong email nomor WA n=a di email vensca.17@gmail.com ..di tunggu yah

    BalasHapus
  44. Hello Ven..maaf sekali saya baru cek blog..silahkan cek gmailnya

    BalasHapus
  45. Selamat malam mba,salam kenal saya arini..mohon send no wa nya mba..saya mau ty soal kerja sama kitas suami saya..terima kasih sebelumnya..

    BalasHapus
  46. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  47. Siang mba salam kenal dr saya. Boleh kirim no wa nya ke email saya. Mohon info dan bantuannya ya mba, tentang suami wna. Terimakasih mba.

    BalasHapus
  48. siang..silahkan add Hp saya dikomen atas

    BalasHapus
  49. kalau untuk perpanjangnya gmn mba,apakah kitasnya tetatp diurus sendiri atau bisa rubah sponsornya

    BalasHapus
  50. Kalau sis biasa urus sendiri, baiknya urus sendiri tak perlu merubah sponsor bila dari awal sponsor Istri, tapi bila dari awal sponsor perusahaan ya tetap sponsor perusahaan (biasanya agent yang handle kalau sponsor perusahaan)
    semoga membantu

    BalasHapus
  51. Mba bisa minta nomer wa. Mohon dapat dikirimkan ke alamat email: ardhani.saroso@gmail.com
    Tks

    BalasHapus
  52. mba kalau untuk WNA pengguna KITAS sponsor suami apakah boleh membantu suami ditoko? Apakah membantu suami di toko termasuk bekerja dan melanggar aturan visa 317? Thank you.

    Mohon bisa dibantu balas di rhesa.wiratma25@gmail.com terima kasih sebelumnya dan sukses selalu!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mas, kalau untuk membantu suami ditoko, tidak apa, karena tak bergaji, hati-hati yo, jo disalah aturkan kewenangan izin tinggalnya (KITAS)
      semoga membantu

      Hapus
    2. mbaa minta wa nya dong, kalo misal suami pekerjaan nya sebagai pelukis atau musisi gimana? jadi ga bekerja di perusahaan berbadan hukum. saya harus gmn ya? email ditadevel@gmail.com

      Hapus
    3. silahkan cek gmailnya sis..

      Hapus
  53. Halo mbak, salam kenal. Saya boleh minta kontak yang bisa dihubungi? Email ke finfinmuf@gmail.com ya mbak. Thank you.

    BalasHapus
  54. Hello Fina..salam kenal kembali..silahkan cek gmailnya

    BalasHapus
  55. Hai mba bisa minta no wa ya kirim ke email deweylove28@gmail.com.

    Trmakasih

    BalasHapus
  56. Halo mba, bisa minta nmr kontaknya? Ada yang mau ditanyakan, na.widyas@gmail.com :)

    BalasHapus
  57. Hello juga ..silahkan cek gmailnya ya

    BalasHapus
  58. Halo mba... Ada yang mau saya tanya2kan ttg kitas dan ijin kerja... Boleh minta nomornya nhk mba ke email yaa finnyariananda@gmail.com

    BalasHapus
  59. Halo mba, kalo wna nya sudah dapat IMTA dan RPTK..tapi sama pihak imigrasi tidak mengijinkan untuk memohon KITAP. Malah diminta untuk menukar ke Kitas atas sponsor perusahaan. Apa yg bisa dilakukan?

    BalasHapus
  60. Halo juga, wah saya baru pertama dengar ini juga sis.
    Kalau sudah pihak imigrasi yang menyarankan, bingung juga jawabnya.. maaf


    BalasHapus
  61. Halo...
    Boleh ga kalo suami WNA di sponsori oleh Istri nya yang WNA juga, sedangkan Istrinya kerja jadi tenaga pengajar di sekolahan asing..
    kalau bisa apa persyaratannya?
    Mohon informasinya
    Tks

    BalasHapus
  62. Mbak, klu istri sbgai sponsor vitas. Kebetulan suami berdakwa di indonesia. Klu suami mengisi kajian tiap jumat di stasuin televisi apakah bisa?

    BalasHapus
  63. Balasan
    1. Hai Mba salam kenal, kebetulan calon suami saya juga WNA dan ingin bekerja di indo dgn kitas sponsor istri. saya ingin tahu info lebih lanjut berdasarkan pengalaman Mba nia. apakah saya boleh minta nomor WAnya Mba? trm kasih sebelumnya. bisa di email ke nadiarachmadany@gmail.com

      Hapus