Selasa, 02 Juli 2013

100 Yen Shop ... hadir di Jakarta

Toko murah 100 Yen shop atau 99 Yen Shop, Daisho Japan Shop.
Kini hadir di Jakarta, tepatnya di Mall Casablanka.
 
Di Jepang tersedia toko yang seluruh barangnya seharga 100 yen atau 99 yen, sesuai angka nominal yang tertera. Harga tersebut sangat membantu sekali, terutama jika di supermarket biasa terjual dengam harga di atas 100 yen, di toko tersebut, barang dengan merek sama dapat dibeli dengan harga 100 atau pun 99 yen.
 
Seluruh barang yang tersedia disini dari mulai perlengkapan rumah tangga, baju, buku, makanan, minuman, alat kecantikan, sebagian besar seharga 100 yen. Barang peralatan rumah tangga yang tersedia di toko ini, umumnya sebagian besar dari China, Filipina, Vietnam bahkan Indonesia, beberapa produk yang saya sempat jumpai dan beli, seperti bingkai (frame), paper print, pencil color (Faber-Castel Color) termasuk high price. Mesti ada pula produk negeri Jepang sendiri.
 
Bukan hanya 100 yen shop, Belc.. Best Low Price High Quality. Supermarket (toko sayur mayur) yang setiap harinya dengan low price and best quality dengan harga 100 yen dan 99 yen bahkan sering kali di bawah harga tersebut (68 yen hingga 45 yen).
 
Menggunakan eco bag
 
Eco bag adalah kependekan dari economy bag. Merupakan tas ekonomis, yang dibawa saat belanja. Biasanya disebut "mybukuro" dengan desain yang bentuk bebas. Dengan membawa eco bag, supermarket (tempat belanja) tidak akan memberi kantong plastik kepada pembeli dengan menunjukan kartu khusus yang berada di samping kasir. Apa bila tidak membawa eco bag akan di kenakan 2 yen atau 5 yen.

Keuntungan dari pihak penjual, dengan adanya eco bag, mereka dapat menghemat pemberian kantong plastik pada pembeli. Sedangkan keuntungan bagi pembeli dengan membawa eco bag, akan mendapatkan potongan harga 5 ~ 10% untuk total belanjaan. Ke untungan lain adalah ramah lingkungan. Dengan membawa eco bag, berarti membantu lingkungan untuk mengurangi sampah plastik yang sulit diurai.
 
Eco bag ini berlaku bagi supermarket besar dan cabangnya di berbagai pelosok, sedangkan supermarket kecil atau mini market baru beberapa saja yang memberlakukan sistem eco bag.

Beberapa hari lalu berita media, bahwa DKI Jakarta mendukung plastik daur ulang di supermarket atau carefour. Bila mungkin bisa saja mencontoh gaya eco bag di negeri Jepang. Safety, save money, save earth dan ekonomis lagi. ngarep deh.com...

Restauran 100 yen .. Hamazushi ..
 

Restauran sushi yang bernama Hamazushi yang memberikan price 100 yen, bahkan pada hari biasa price down 86 yen per piring kecil berisi 2pcs. Hamazushi kini banyak buka di berbagai pelosok di Jepang. Pas di kantong kata G-san and B-chan..
 
catatan kaki :
 
Gaya hidup belanja di supermarket bukanlah hal yang mewah buat negeri Jepang. Beda dengan Indonesia, yang banyak menyediakan pasar tradisional, namun tidak demikian dengan Jepang. Walau masih ada pasar tradisional yang masih bertahan, tetapi seperti barang langka.
 
Secara umum, pusat perbelanjaan sayur-mayur, daging, (kecuali daging halal), ikan, bumbu, cemilan, dan berbagai aktivitas pasar lainnya dilakukan di supermarket.

.. bagi yang ever stay di Jepang, info ini sudah basi kali ya, tapi saya baru sempat posting deh ..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar