Sabtu, 11 Januari 2014

Penerimaan Barang Pindahan dari Japan

Hari ini saya menerima pengiriman barang pindahan yang menggunakan jasa Japan Post Parcel melalui laut seperti yang saya uraikan di bulan Oktober 2013. Kurang lebih 1 bulan 2 minggu. Dari perkiraan yang memakan waktu 1 hingga 3 bulan. Alhamdulillah barang pindahan diantar sampai rumah dengan selamat dan hanya membayar biaya atau pengganti sampul sebesar Rp 14,000.

3 box paket pos, 2 diantaranya telah diterima dan 1 box masih menunggu informasi dari kantor pos Jakarta Selatan. Mudah-mudahan tidak ada kesulitan.
Surat pemberitahuan tertanggal 17-01-2014 dari kantor pos untuk pengambilan 1 box paket, di karena berat box kurang lebih 30kg. Pihak kantor pos tidak mengirim seperti 2 box sebelumnya. Entah kenapa dan apa alasannya, akan tetapi dari surat pemberitahuan dapat di mengerti, karena berat box tersebut. Bersama surat pemberitahuan terkena pembebanan biaya bea sebesar Rp 7000.

Saya kira akan lebih sulit, apalagi sampai mengurus dan mengeluarkan di pelabuhan Tanjung Priok. Pengalaman yang sangat berharga tentunya, petugas pos dengan ramah dan tidak perlu memberi uang tips.

Barang-barang dalam keadaan baik, walau melalui pemeriksaan ulang alias dibongkar oleh bea cukai Jakarta. Seperti yang kita ketahui biasanya melalui pemeriksaan jalur merah dan jalur hijau dipelabuhan. Apabila barang terkena pembebanan biaya, pihak bea cukai akan memberi konfirmasi.

Catatan :
Barang pindahan dibebaskan bea masuk sepanjang didukung dengan dokumen yang mendukung seperti surat dari KBRI (keterangan untuk list barang pindahan).
Selengkapnya bisa dicek :
Peraturan Menteri Keuangan No. 28/PMK.04/2008 tentang Pembebasan Bea Masuk atas Impor Barang Pindahan. Intinya selain barang dagangan dan kendaraan bermotor, dibebaskan semua. Di PMK 28 ada ketentuan masa tinggal yaitu 1 tahun, jadi misal hanya short course di LN tetapi tidak sampai 1 tahun maka akan mengikuti PMK 188, tapi kalau S2 1,5 tahun di LN maka bisa menggunakan peraturan barang pindahan ini. Untuk itu juga perlu dibuktikan dengan dokumen-dokumen yang menunjukkan memang yang bersangkutan sudah selesai kuliah/kerja/dinas di LN.

 Berikut cara check status barang kiriman lewat paket pos, EMS atau Laut.


THE STATUS OF THE SHIPMENT

BARCODE : CD131369218JP
FROM : JAPAN
TO : INDONESIA




OFFICE DATE TIME STATUS
MPCJakarta 10900 2014-01-07 02:20 Processing document by Customs
JakartaSelatan 12000 2014-01-10 05:46 Arrival at delivery/Transit Office

Tampilan tersebut masih proses transit di kantor pos diwilayah domisili.

:::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::

Setelah delivery complete :
THE STATUS OF THE SHIPMENT
BARCODE : CD131369204JP
FROM : JAPAN
TO : INDONESIA



OFFICE DATE TIME STATUS
MPCJakarta 10900 2014-01-07 01:06 Processing document by Customs
JakartaSelatan 12000 2014-01-11 06:43 Arrival at delivery/Transit Office
JakartaSelatan 12000 2014-01-11 09:00 EMH []
JakartaSelatan 12000 2014-01-11 13:36 Final delivery
Received By : NIA

Tampilan ini setelah proses pengiriman dan penerimaan telah selesai atau final.

Add Note :

Setelah tiba di tanah air, sebaiknya kita mulai pantau di website bea cukai bandara Soetta atau Tanjung Priok atau pun di website Pos Indonesia. Kenapa kita harus memantau sesegera mungkin, tujuannya agar kita tidak panik atau cemas, apalagi yang awam dalam hal ini.
Yang paling utama, dengan apa kita mengirim barang pindahan, syarat serta dokumen yang lengkap tentunya untuk menunjang kelancaran dan kemudahan.

salam sharing

6 komentar:

  1. Ibu Nia, apabila berkenan, boleh saya tahu perkiraan biaya yang dibutuhkan untuk pengiriman barang ke Jakarta? saya berencana untuk kembali sekitar mei tahun ini... saya sudah email ke KJRI Osaka tapi belum dibalas... terima kasih Bu :)

    BalasHapus
  2. Hi Wijayanti.. akan menggunakan apa barang pindahan anda dikirim?
    Saya menggunakan layanan International Parcel Post-Japan Post. alias lewat kantor pos. Barang dikirim lewat laut, karena lebih murah dan 1 bulan 2 minggu sampai di Jkt. Biaya kurang lebih 23.000 yen untuk 3 box. Biaya tergantung beratnya per box.

    Wijayanti dapat menggunakan EMS Japan post expres, lewat udara, tetapi lebih mahal, per box 26.000 yen.

    KBRI memang sedikit lambat untuk merespon email yang kita kirim, sabar dan coba berulang. Saya pun demikian, 5 hari baru direspon. dan baiknya kontak juga lewat telp.

    Semoga membantu ya.

    BalasHapus
  3. add :
    The maximum weight: 30 kg

    BalasHapus
  4. Dear Ibu Nia, saya belum tahu mau pakai jasa apa.. mungkin saya akan coba menggunakan japan post seperti ibu Nia. Terima kasih banyak untuk informasinya.

    BalasHapus
  5. Hallo Ibu Nia, surat dari KBRI tsb ditempelkan di box karton barang2 pindahan ya? Terima kasih.

    BalasHapus
  6. Hi..maaf..baru saya check ..check list dari KBRI masukan saja didalam box posisi paling atas sebelum di selotip.
    Karena nanti pihak bea cukai akan membuka box yang kita kirim untuk di cros check.

    BalasHapus