Jumat, 13 September 2013

Perpanjang SIM / STNK di Blok M Square

Untuk lokasi gerai SIM atau STNK Jakarta Selatan berada di Blok M Square dan Mall Gandaria City. Sempat bingung, perpanjang di SIM keliling atau Samsat? Tapi sebelum meluncur disalah satu gerai tersebut, saya hubungi lewat telepon Samsat Tangerang, karena KTP domisili wilayah Tangerang dan syarat apa yang harus di bawa.
 
pic by google
Petugas menyebutkan 2 lembar foto copy KTP yang masih berlaku dan SIM, apabila beda wilayah disyaratkan membawa surat keterangan pindah.
 
Untuk biaya perpanjangan SIM hanya menghabiskan biaya total Rp. 130.000 (SIM: Rp 75.000, cek kesehatan: Rp. 20.000, Asuransi kecelakaan (AKDP): Rp. 30.000).

Alangkah baiknya dipersiapkan foto copy kedua syarat tersebut dari rumah, walau ada tempat fotocopy, antrinya itu loh. Yang sedikit mengular dibagian perpanjang STNK, kalau bagian SIM kurang lebih 10 menit saja.

Satu info lagi, apabila SIM telah lewat masa expire satu tahun memang mengulang seperti pembuatan SIM awal dan pakai ribet, tapi apabila masa expire bulan Juni 2011 to Juni 2012 lewat dikit atau sebelum bulan Juni, masih diperbolehkan memperpanjang SIM, tanpa mengulang dari awal, ucap pak Polisi yang berkumis dan ramah di gerai blok M Square.
 
Boleh dong bertanya, daripada sesat informasi.. karena keponakan memiliki kasus seperti di atas, SIM telah lewat expire, tapi santai tanpa mencari informasi atau men-segerakan perpanjangan. Alhasil bubar deh, alias kelimpungan dan harus memulai dari awal lagi .. cape deh ..
 
Gerai SIM atau STNK Blok M Square berada di lantai Basement (dekat lokasi jualan buku-buku dan pintu masuk Melawai) jam pelayanan mulai buka dari jam:
Senin-Jumt         : jam 10.00 – 15.30
Sabtu-Minggu   : jam 10.00 – 14.00
 
Perpanjangan SIM atau STNK tidak pakai lama atau ribet, prosesnya cepat, petugasnya juga ramah, kebetulan satu Kabupaten di Jawa Tengah, jadi seru dengan gaya bahasa inggih-mboten. SIMSALABIN, SIM AKU SUDAH DI SAKU! Selamat berkendara mba, hati-hati ucap Polisi Berkumis Tipis.
 
memo:
Perpanjangan SIM tahun 2012
 

14 komentar:

  1. Nia sudah di Indo??
    wellcome home dear..

    BalasHapus
  2. Maaf baru replay, terkena demam mom.

    Nia masih di Japan, prepare nya belum clearly. Pengurusan SIM tahun 2012, karena ada pertanyaan, akhirnya di tuang ke blog sekalian.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ok Nia, semoga sekarang sudah sembuh ya dear.
      salam.

      Hapus
  3. mba numpang tanya klo ktp tangerang tp sim jakarta ad syarat bawa ap gtu ga?

    BalasHapus
  4. Membawa surat keterangan pindah atau surat domisili. Mulai November sistem diperketat sesuai domisili kita tinggal.

    Syarat yang dibawa fotocopy KTP dan copy SIM, silahkan datang ke samsat terdekat, karena Fitra SIM Jakarta, jadi dapat di perpanjang di JKT.

    Semoga membantu

    BalasHapus
  5. jadi kalau masa berlaku sim uda lewat seminggu lebih, masih bisa perpanjang normal kan ya ? thx

    BalasHapus
  6. Masih Argan. Segerakan saja di urus, nanti bisa kembali mengulang seperti di awal.

    BalasHapus
  7. Makasih mba.. infonya sangat bermanfaat :)

    BalasHapus
  8. Mau tanya donk. Kalo KTP saya tangerang selatan tapi mw perpanjang stnk di gerai blok m square, bisa gak ya? Thx.

    BalasHapus
  9. STNK bukankah langsung ke samsat Tangerang yg berada di dekat Kecamatan Ciledug. Mungkin saja mencangkup wilayah Tangerang Selatan.

    Saya kurang tahu untuk perpanjangan STNK Tangerang Selatan apakah diperbolehkan di blok M square. Maaf bila jawabannya kurang tepat.

    BalasHapus
  10. artikel menarik
    jadi tahu tempat sim sekarang
    terima kasih ya

    BalasHapus