Kamis, 01 Maret 2012

Kesemek (dyospyros kaki L)

Si GENIT .. Kesemek ..
 
Inilah buah yang sering di pandang sebelah mata, sulit menemukannya di supermarket atau toko-toko buah berkelas, di jumpai hanya di pasar tradisional. Tak perlu repot-repot menawar karena harganya sudah murah per kilo.

Mungkin karena identik dengan harga murah, kesemek disebut sebagai buah rakyat. Kesemek dijuluki buah genit, buah yang berbedak dan buahnya mirip buah apel, sering disebut apel Jawa. Kesemek memang bukan apel. Pamornya sebagai buah pun jauh di bawah apel impor maupun lokal.

Buah yang juga dikenal dengan nama oriental persimmon (Inggris) dan shi (Cina) ini memiliki kandungan nutrisi yang tidak kalah hebat dengan apel. Pakar kesehatan senantiasa menyarankan mengkonsumsi apel setiap hari untuk mencegah penyakit jantung dan membantu membentuk tubuh langsing, kesemek bisa menggantikan posisi apel.

Kesemek bersifat 'sedang-sedang saja', tidak panas dan tidak dingin, dan yang cukup penting tidak beracun. Berdasarkan riset, diketahui ternyata banyak zat kimia hebat di dalam buah kesemek. Di antaranya senyawa-senyawa antioksidan yang selain berkhasiat mencegah kanker juga menghambat proses penuaan dini, menyehatkan paru-paru dan menguatkan limpa, dapat membantu mencegah pengerasan pembuluh darah.

Lain halnya di negara Jepang, kesemek (dyospyros kaki  L) dengan sebutan " kaki "  dari pekarang rumah penduduk hingga para petani serta supermarket mudah sekali mendapatinya, namun di jumpai pada musim dingin saja, setiap musimnya memiliki ciri khas buah yang berbeda. Karakteristik buah itu sendiri dengan daging buah berwarna merah kekuningan, kesemek memiliki rasa yang cukup enak, dapat menghilangkan dahaga dengan kandungan vitamin dan mineral, bila sudah mencoba anda akan menemukan perpaduan rasa legit, manis, dan segarnya.

Kesemek disini (Japan) tak perlu disebut buah genit atau berbedak. Kesemek tak hanya enak di santap buahnya tetapi disajikan sebagai teman minum teh hangat tak kalah nikmatnya. Kesemek yang telah dikeringkan dengan rasa manis legit, kue khas buah ' kaki ' sedikit manis semanis namanya. Tak ada salahnya kesemek dijadikan buah favorit, bisa juga disuguhkan untuk menjamu tamu anda, tak perlu gengsi. Kesemek Si GENIT bisa menggantikan posisi apel .. harganya pun terjangkau loh ..

2 komentar:

  1. gantian berkunjung mbak...
    kenapa ya di indonesia, kesemek itu berbedak, sementara di jepang ga ya??

    BalasHapus
  2. maaf, baru sempat dibalas. Kesemek di Jepang jauh lebih berkelas, dan kesemek di Indonesia merupakan buah rakyat yang masih dipandang rendah.Dan itulah bedanya kesemek Indonesia berbedak atau disebut buah ayu dan genit.

    BalasHapus