Rabu, 04 Februari 2015

Layanan Satu Pintu

Jangan bete ye .. hari ini saya benar-benar dibuat gerah.. tujuan untuk mengembalikan SKTT suami ke Capil Tangerang yang berada di gedung Cisadane seberang Polresta Tangerang. Karena suami telah EPO Exit Permit Only.

Saya tidak berani membawa kendaraan pribadi karena jalur yang dibuat satu arah, seperti biasa saya dengan mini bus dimana harus berganti 3x bila ke capil, tapi kali ini saya harus 4x ganti mini bus.
Dan selalu bermodal tanya? bila tak ingin salah jalan tentunya. Setelah menyakinkan sopir mini bus, bahwa saya turun di depan gedung Cisadane, seorang ibu dengan seragam Capil, menegurku dan menyarankanku bahwa Capil berpindah tempat di Gedung Ketenagakerjaan / Depnaker sejak awal Januari 2015.

Wah..dimana lagi saya harus menelusuri kota Tangerang dan dimana alamatnya? Singkat cerita ye, setelah menyimak saran dari si ibu Capil, saya ikut saja si abang sopir, dan diantarkannya saya tepat di depan Depnaker, sungguh mulia si abang sopir dan ongkos pun kurang 500 rupiah yang diikhlaskannya untuk saya. Alhamdulillah.

Setelah bertemu dengan petugas yang biasa mengurus SKTT suami, bahwa SKTT dengan sponsor istri tidak ada masalah walau suami bekerja dengan sponsor perusahaan. SKTT menerangkan Surat Keterangan Tempat tinggal dimana WNA itu tinggal. Alasannya cukup simpel, bahwa masih berada dalam alamat yang sama, jadi tidak diperlukan mengganti SKTT. Alhamdulillah untuk kami.

Tapi harus hati-hati, perpanjangan kurang dari 14 hari masa berlaku SKTT habis. Bila terlambat akan dikenakan denda 1000 000 juta rupiah. Perda Kota Tangerang per Januari 2015.

Poin penting;

Sedikit Kecewa karena perubahan alamat dan gedung Capil tidak diberitahukan kepada setiap Kelurahan, jadi hanya sebuah poster yang terpampang di capil lama. Masyarakat sangat kesulitan tentunya karena kurang sosialisasi.

Tujuannya adalah Layanan Satu Pintu sesuai instruksi Presiden, jadi Capil Tangerang pun berbenah dengan sistem yang sama dengan DKI Jakarta.

Capil Baru Berada di Gedung Ketenagakerjaan / Depnaker. Jl. Perintis Kemerdekaan 1, Cikokol, Tangerang, tepatnya di belakang Tang City.

Semoga bermanfaat untuk masyarkat Tangerang, baik untuk pengurusan KK, Akte dan yang berkaitan dengan administrasi kependudukan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar