Kamis, 10 Oktober 2013

Korupsi vs Gaji Bulanan

Berita media tentang korupsi bikin miris, gregetan apalagi sebagai justice alias Penegak Hukum. Kemana lagi bila keadilan tidak dapat di adukan dan siapa yang dapat di percaya? .. tanya pada rumput yang bergoyang!? ..
 
Back to Korupsi, apalagi setingkat Penegak Hukum!
Bukti salary bulanan alias transkip gaji pasti ada dong, jangan bohong loh apalagi istri sampai tidak tahu berapa gaji suami perbulannya? Pendapatan tambahan seperti overtime atau lembur pun tercatat lengap dan biaya tunjangan jabatan. Dan biaya tunjangan keluarga serta PPH 21 pasti ter-transkip setiap bulan dan tahun, walau pakai sistem transfer via bank yang di tunjuk bekerjasama dimana kita bekerja, setiap employee pasti mendapat bukti transkip gaji.
 
Berikut yang saya ketahui susunan Monthly Salary - Slip Gaji ;
 
Regular Pay dan function Pay / tunjangan jabatan
Tunjangan Keluarga bila sudah menikah
Tunjangan Transportasi / Transportation allowance
Kehadiran / Attendance
Meal Allowance / tunjangan makan
Pph 21
Iuran Jamsostek ( %)
Labour Union / Serikat Pekerja
Asuransi
Overtime Pay / Biaya Lembur

Sangat jelas Description atau definisi di atas, sedikit sebagai contoh mana tahu masih ada yang belum paham item apa saja di gaji bulanan. Slip gaji biasanya di gunakan untuk mengajukan KPR rumah tinggal dan pembelian mobil secara kredit.
 
Bila Net Salary dinilai cukup oleh developer, marketing akan menghubungi HRD perusahaan untuk konfirmasi, agar tidak terjadi manipulasi data karyawan dan gaji. (ini yang saya tahu). Pihak Bank dan Pengembang sama-sama tidak mau di rugikan oleh si pembeli dan sebagai bukti bahwa pembeli memiliki biaya untuk kredit Rumah atau mobil.
 
Sangat transparan bukan? Setiap emloyee dari tingkat operator, Keeper, Teknisi, Engineer / Supervisor, assisten Manager, Manager, Deputy Manager, Senior Manager, Direktur, dan Presiden semua pasti memiliki Montly Salary hingga driver-man / Supir.
 
Bila istri tidak tahu gaji suami yang di dapat, sangat .. sangat .. sangat terlalu!!!
Sejak kecil di ajarkan untuk jujur, berterima kasih, ucap salam dan bersikap sopan.
 
Mau yang mana lagi untuk berbohong dan korupsi !
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar